Site Loader
tes kesuburan

Mandul adalah masalah yang sering dihadapi oleh beberapa pasangan suami istri ,yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti gaya hidup yang tidak sehat ataupun penyakit tertentu, untuk memastikan mandul atau tidaknya bisa dengan dilakukan tes kesuburan.

Jika suatu pasangan, baik pria ataupun wanita mengalami kemandulan, peluang mereka mendapatkan anak atau keturunan sangatlah kecil, maka dari itu untuk mengetahui penyebab kemandulan perlu dilakukan dengan cara tes kesuburan oleh seorang dokter agar dapat mengetahui bahwa pria atau wanita tersebut subur atau mandul.

Berikut ini ada beberapa kriteria kesuburan pada pria maupun wanita yang mungkin bisa anda lihat.

  • Kesuburan pada pria.

Organ reproduksi pada pria bisa ditandai dengan kemampuan testis ejakulasi yang sehat,dan sel sel sperma harus mampu bergerak ke dalam organ reproduksi wanita untuk membuahi sel telur. Setelah itu kehamilan pun akan terjadi.

  • Kesuburan pada wanita.

Sedangkan cara tes kesuburan pada wanita bisa di tandai di saat pelepasan sel telur ke dalam saluran indung  telur atau tuba falopi yang akan di bawa ke rahim. Di mana proses ini, jika terjadi pembuahan sperma maka sel telur akan berkembang menjadi ovum yang akan tumbuh menjadi janin.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan pada pria maupun wanita yaitu meliputi 

  1. Hubungan seksual

Hubungan seksual menentukan peluang terjadi kehamilan. Study menunjukan dengan alat tes kesuburan peluang kehamilan akan meningkat jika pasangan rutin berhubungan seksual 1 atau 2 hari sekali di saat wanita memasuki masa subur.

  1. Usia

Faktor usia juga sangat berpengaruh untuk masa kesuburan,tingkat kesuburan pria umumnya akan menurut di saat memasuki umur 40 tahun sedangkan pada wanita kesuburan akan menurut pada saat memasuki umur 35 tahun, kemungkinan besar disebabkan oleh kualitas sel telur yang rendah.

  1. Efek samping obat obatan

Efek samping obat obatan juga dapat mempengaruhi kesuburan  bahkan mandul terhadap pria maupun wanita, seperti obat antidepresan,kemoterapi,kortikosteroid dengan dosis tinggi. Selain itu penggunaan obat obatan terlarang seperti, ganja, kokain sangat berpengaruh pada kesuburan.

  1. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup tidak sehat juga berpengaruh terhadap kesuburan pria maupun wanita, seperti sering merokok, minum minuman beralkohol, ataupun sering stres akan berpengaruh terhadap tingkat kesuburan.

Pastikan tes kesuburan pada dokter.

Untuk mengetahui apakah anda maupun pasangan anda mandul atau tidak dan apa penyebabnya,anda silahkan bisa melakukan konsultasi kepada dokter agar dapat di lakukan tes kesuburan terutama jika ada dan pasangan anda belum juga memiliki keturunan sedangkan sudah memiliki hubungan intim selama 1 tahun lebih.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *