Site Loader
ilustrasi genset

Genset sangat diperlukan sebagai cadangan pasokan listrik, seperti ketika tiba-tiba listrik PLN padam. Apalagi jika itu berlangsung lama. Maka rumah pun perlu menyediakan genset. Berikut ini adalah tips memilih genset untuk rumah.

Tentukan Jenis Genset

Pertimbangkan jenis genset yang hendak dipilih untuk digunakan, yakni apakah genset yang akan menggunakan bahan bakar solar atau disebut juga sebagai genset diesel atau mau menggunakan genset yang menggunakan bahan bakar bensin. Lalu pilihannya juga apakah akan menggunakan genset yang merupakan open genset atau silent genset. Harga genset open lebih murah namun suaranya pada saat bekerja akan lebih bising jika dibandingkan dengan genset silent yang sudah disertai dengan peredam suara. Sehingga untuk keperluan di bangunan rumah tinggal maka meski harganya sedikit lebih mahal namun usahakan untuk memilih membeli genset silent saja.

Tentukan Ukuran Kapasitas Genset

Kemudian tentukan ukuran kapasitas gensetnya. Sesuaikan dengan jumlah daya yang dibutuhkan. Oleh karenanya maka bisa dihitung terlebih dulu jumlah watt tiap peralatan listrik yang ada di rumah secara total, yakni ada keperluan daya untuk peralatan komputer baik itu PC (Personal  Computer) seperti desktop atau juga laptop, juga kulkas atau lemari es dan televisi, radio, dan AC (Air Conditioner) atau penyejuk udara, juga kipas angin, kompor listrik jika ada, Water heater atau pemanas air dan setrikaan, hair dryer atau juga catokan rambut, dan rice cooker, oven listrik dan segala peralatan yang memerlukan listrik lainnya yang ada di rumah. Kemudian karena ukuran daya kapasitas genset itu biasanya dinyatakan dalam satuan ukur kva atau kilovolt ampere maka perlu dilakukan konversi terlebih dahulu guna mengetahui kapasitas ukurannya dalam watt. Bangunan rumah biasanya memerlukan genset dalam kapasitas mulai dari sekitar 1000 kVA sampai 10.000 kVA.

Cara Konversi Ukuran kVA ke Watt mesin Genset

Satuan ukuran daya kapasitas yang tercantum pada mesin genset umumnya berupa kVA. Maka supaya tahu daya nyata mesin genset tersebut maka harus dikonversi dulu jadi satuan ukuran watt. Patokan acuan nilai baku untuk konversi ialah 0,8 kW atau 800 Watt per kVa. Jadi contohnya untuk genset yang di label tertera berdaya 1.000 kVA maka nilai kapasitas mesin gensetnya setelah dikonversikan ke dalam satuan ukuran kW ialah setara 800.000 watt atau 800 kW.

Sesuaikan daya genset dengan kebutuhan listrik yang kita butuhkan, kira kira seperti itulah tips memilih genset yang baik dan benar.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *