Site Loader

Setiap rumah sekarang ini banyak yang menyediakan genset yang salah satunya adalah genset solar, yaitu genset dengan menggunakan bahan bakar solar. Penyediaan genset tersebut bukan hanya sekedar meletakan benda tersebut di rumah, tetapi perawatannya juga harus dilakukan agar genset solar akan tidak mudah rusak dan dapat bertahan lama. Terkadang, sebagai pemilik genset baru, perlu adanya edukasi mengenai perawatan genset solar agar tidak ada kebingungan dalam merawat genset dengan benar. Dalam merawat genset solar, diperlukan kesabaran dan ketelitian dalam menjaga mesin genset  agar tetap dalam kondisi baik dan stabil. Ada beberapa hal terkait dengan gangguan mesin yang sering kita alami seperti mesin tidak dapat dinyalakan, mesin berdengung, tombol start mati, cairan bahan bakar keruh, dan masih banyak lagi. Ketika terjadi hal-hal tersebut, tidak perlu merasa bingung dahulu.

Untuk menghindari hal-hal di atas, ada cara bagaimana merawat genset solar agar genset akan bertahan dengan lama

Pemeriksaan secara umum

Pada pemeriksaan secara umum, pemilik genset solar harus meletakkan genset di tempat yang kering. Hindarilah tempat-tempat yang basah. Oleh karena itu, harus dijauhkan dari wilayah kamar mandi, tempat cuci baju, wastafel, kolam ikan, kolam renang, dapur, dan sebagainya. Tentu saja, jangan dibiarkan disimpan di luar rumah. Untuk pemeriksaan secara umum yang lainnya seperti menjaga genset tetap bersih, penyediaan sirkulasi udara yang baik, genset dioperasikan dengan benar, dan matikan genset apabila sudah tidak digunakan.

Pemanasan mesin

Selalu periksa kestabilan dari sistem pemanasan genset agar terhindar dari konsleting. Caranya yaitu dengan mengisi mesin dengan daya sepertiga net power genset. Hal ini harus diterapkan minimal satu kali dalam sebulan. Durasi pengisian sekitar 30 menit.

Pemeliharaan sistem pelumasan

Pemeriksaan yang ini dilakukan setelah mematikan genset. Pemilik harus rajin memeriksa oli mesin apakah level oli dekat dengan simbol fill pada penanda dipstick. Pelumasan dilakukan agar tidak menjadi berkarat dan tetap awet.

Pemeriksaan sistem pendingin

Selalu memeriksa interval cairan pendingin setiap hari dan jika terlihat berkurang, tambahkan air. Mesin genset juga dilengkapi sistem coolant yang akan digunakan untuk menstabilkan kondisi mesin saat genset solar dimatikan.

Pemeliharaan sistem bahan bakar

Hal ini sangat penting dilakukan karena pada dasarnya bahan bakar adalah otak dari genset. Pemeliharaannya misalnya, memastikan tidak ada kebocoran di bagian bahan bakar sehingga tidak akan terjadi konsleting.

Itulah beberapa tips merawat genset. Tips- tips di atas dapat diterapkan dalam perawatan  genset solar sehari-hari. Sebagai pemilik genset solar, tidak perlu khawatir lagi. Genset akan bertahan lama jika semua cara di atas dilakukan dengan benar. 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *