Site Loader
ilustrasi baja ringan

Di bidang arsitektur bangunan, Anda pasti sering mendengar yang namanya produsen baja ringan yang kerap kali dipakai oleh para kontraktor bukan? Biasanya, baja ringan ini sering kali digunakan sebagai material penting dalam proyek – proyek besar untuk membuat sebuah bangunan rumah di lokasi yang telah dipilih dan dirancang dengan desain tertentu. 

Definisi baja ringan

Baja ringan merupakan suatu material bangunan dengan bahan utama terbuat dari baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan kuat. Secara umum, produsen baja ringan ini akan menawarkan produk tersebut berbentuk campuran bahan antara seng, alumunium dan bahan – bahan lainnya. Baru kemudian, baja ringan tersebut akan dibentuk sesuai dengan bentuk yang dipesan. Biasanya, baja ringan ini sering dipakai dalam konstruksi bangunan atap rumah sebagai pengganti kayu. Baja ringan ini juga mempunyai kualitas tinggi seperti halnya baja konvensional.

Dalam penggunaan rangka atap rumah, baja ringan ini tentu memiliki berat yang lebih ringan dan tidak tebal. Akan tetapi, untuk kekuatannya jelas tidak diragukan lagi karena bisa menopang beban berat. Untuk rancangan bangunan rumah yang menggunakan baja ringan ini, jelas lebih sederhana karena hanya memerlukan sedikit paku. Bahkan, untuk proses pemasangannya sendiri lebih mudah dan cepat. Maka tak heran jika sekarang ini baja ringan banyak diminati sebagian besar orang, terutama di kota – kota besar.

Jenis – jenis baja ringan

Secara umum, produsen baja ringan menawarkan jenis – jenis baja ringan seperti berikut ini :

  • Baja ringan kaso (trus)

Jenis baja ringan ini biasanya sering digunakan para kontraktor sebagai tiang utama sebuah bangunan. Baja ringan kaso mempunyai dua profil berupa W dan C dengan ukuran yang berbeda – beda. Bagi Anda yang memilih jenis baja ringan ini tentu akan mendapatkan banyak keuntungan. Seperti misalnya penggunaan lebih hemat, tahan lama, pemasangan lebih sederhana, mudah dan cepat.

  • Baja ringan reng (profil B)

Umumnya, kontraktor menggunakan jenis baja reng untuk menahan genteng rumah. Dengan menggunakan jenis baja profil B ini, Anda tidak perlu khawatir soal daya tahan yang sudah terjamin kuat dan kokoh.

  • Baja ringan taso

Berbentuk menyerupai huruf abjad A, jenis baja ringan ini tentu membuat rumah bangunan akan lebih terlihat minimalis dan tentunya keren.

Ukuran baja ringan

Baja ringan yang ada di pasaran, biasanya hadir dengan bermacam – macam ukuran berdasarkan jenis dan juga tingkat ketebalannya. Meskipun baja ringan memiliki sifat yang tipis dan lebih ringan, namun tingkat ketahanannya mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini ada beberapa ukuran baja ringan yang dibuat oleh produsen baja ringan :

  • Baja ringan kaso (trus) memiliki tingkat ketebalan antara 0,75 mm hingga 1,00 mm.
  • Baja ringan reng (profil B) tingkat ketebalan antara 0,40 mm hingga 0,60 mm.
  • Baja ringan taso tingkat ketebalan antara 31 mm hingga 100 mm.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *