Site Loader

Jika Anda membeli pipa besi SCH 40, Anda akan menemukan dua jenis yang berbeda. Jenis pertama adalah pipa welded dan yang kedua adalah pipa seamless.

Apa Beda Kedua Jenis Pipa Ini?

Jenis pipa welded untuk SCH 40, adalah pipa yang dibuat dari plat baja yang digulung dan di las untuk menjadi bentuk silinder. Pipa yang satu ini memiliki bekas las di bagian tengahnya. Tapi untuk produksi yang baik, tanda ini akan samar dan sulit dicari.

Jenis pipa seamless untuk SCH 40 adalah pipa yang dibuat dengan melubangi bagian tengah besi silinder padat. Proses melubangi menggunakan alat khusus saat kondisi besi padat sangat panas. Proses melubangi ini bisa memakan waktu lama dan prosesnya bisa lebih panjang daripada pipa welded. 

Lebih Bagus yang Mana?

Untuk pilihan, jenis pipa besi SCH 40 yang paling bagus, seamless menjadi yang paling populer. Pipa seamless tidak memiliki garis weld dan lebih solid secara struktur. Untuk kebutuhan pressure tinggi, pipa jenis ini tidak akan mudah rusak.

Walaupun begitu, pilihan jenis welded juga ada perannya. Hal pertama adalah harga. Pipa welded lebih mudah dibuat karena tidak harus selalu menggunakan alat khusus. Selain itu, penggunaan plat baja membuat ketebalannya selalu merata.

Pipa seamless memang memiliki struktur kuat, tapi masalah ketebalan tidak selalu seragam. Karena mengalami proses pemanasan dan pengeboran, dinding ada yang memuai dan tidak merata. Harga dari pipa jenis ini juga sangat tinggi karena diproses dari besi padat.

Pastikan Pilih Sesuai Kebutuhan

Dari informasi dua jenis pipa besi SCH 40 diatas, tentu Anda bisa tentukan pilihan sesuai kebutuhan. Butuh pipa terjangkau untuk transfer air biasa? Pipa jenis welded bisa jadi pilihan. Untuk Anda yang mencari pipa transfer cairan kimia panas, pipa seamless tentu lebih tepat karena strukturnya lebih kuat.

Selalu buat rencana dan gambarkan situasi penggunaan pipa sebelum membelinya. Jika masih tidak yakin, Anda bisa konsultasikan pada penjual, tipe mana yang paling cocok untuk keperluan Anda. Mudah – mudahan bahasan di atas bisa berguna bagi Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *