Site Loader
Rangka Atap Bangunan

Besi Plat Strip menjadi salah satu material bangunan yang banyak digunakan. Tentunya masyarakat awam masih banyak yang belum begitu tahu mengenai jenis besi yang satu ini.

Apa Itu Besi Plat Strip?

Membicarakan tentang konstruksi bangunan memang sangat kompleks. Hal ini karena dalam proses untuk mendirikan suatu gedung atau bangunan lain membutuhkan banyak sekali jenis material yang tentunya setiap material bangunan tersebut memiliki fungsi dan kegunaannya masing – masing. Untuk para kontraktor bangunan atau pihak – pihak yang memang sudah terbiasa berkecimpung dalam bidang ini tentu sudah familier dengan jenis – jenis material bangunan tersebut. Dan salah satu diantara material bangunan yang dimaksud ada yang bernama Besi Plat Strip.

Besi Plat Strip merupakan sebuah material bangunan yang mana fungsinya adalah untuk arsitektur serta konstruksi (sipil). Atau istilah lainnya adalah bahan yang digunakan untuk dasar sebuah bangunan. Sebenarnya jenus besi ini sudah lama dan cukup sering digunakan, namun mungkin masyarakat awam yang masih belum begitu memahaminya.

Fungsi yang disebutkan diatas merupakan fungsi secara umum, sedangkan menurut jenisnya akan memiliki fungsi yang berbeda – beda. Apalagi setiap jenisnya ini memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi. Berikut ini adalah penjelasannya.

Jenis Besi Plat Strip

Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa jenis besi ternyata tak hanya satu macam saja. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis Besi Plat Strip yang perlu anda ketahui.

  • Plat Strip

Untuk jenis yang pertama adalah Plat Strip. Jenis ini mempunya bentuk yang menyerupai papan kayu. Untuk ukuran idealnya yaitu 6m (panjang) serta 19mm – 200mm (lebar).

Keunggulan yang dimiliki oleh jenis besi plat strip yang satu ini adalah dimana sangat mudah untuk dibentuk sesuai keinginan menggunakan las. Kegunaan dari jenis besi plat ini biasanya digunakan untuk teralis jendela atau pintu dan untuk pagar.

  • Plat Hitam

Besi Plat Hitam ini disebut juga dengan Base Plate yang mana ketebalannya terbilang cukup tipis yaitu 1.2mm – 200mm. Bisa dikatakan ketebalannya menyerupai triplek. Untuk kegunaannya sendiri biasanya difungsikan sebagai bahan untuk penguat. Misalnya saja untuk pembuatan tangki.

  • Plat Kembang

Untuk jenis yang berikutnya adalah Plat Kembang. Dinamakan demikian karena memang coraknya yang menyerupai bunga (kembang). Namun corak ini bukan semata hiasan saja namun berfungsi sebagai kenyamanan untuk mencegah licin. Plat besi jenis ini biasanya diterapkan pada tangga, mobil, kereta dan alat transportasi umum lainnya. Untuk ketebalannya sangat variatif, sedangkan untuk ukuran idealnya berkisar antara 1.2m x 2.4m.

  • Plat Borders

Besi Plat Borders memiliki jenis yang menyerupai plat kembang. Spesifikasinya juga mirip dengan Plat Kembang. Sedangkan fungsinya umumnya digunakan pada bak mobil dan peralatan olahraga.

  • Plat Kapal

Besi Plat Kapal dikenal awet karena bersifat anti korosi. Kalau ukuran idealnya berkisar 6.000mm (panjang) dan 1.500/16.000mm (lebar).

Dengan berbagai ukuran diatas maka bisa menjadi panduan untuk memilih jenis plat besi manakah yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *