Site Loader
Rangkaian Baja

Rangka baja terbaik yang ringan dan awet, tidak mudah berkarat serta mudah dibentuk menjadi beraneka kreasi bentuk atap tersebut sangat diminati. Selain itu masih banyak keunggulan lainnya, namun harganya memang sedikit lebih mahal, sebagai berikut.

Harga Rangka Baja

Ingat pepatah ada harga, ada kualitas barang. Memang hal tersebut benar adanya. Dalam kasus harga rangka baja ini memang sedikit lebih mahal dari harga rangka dari bahan lainnya. Namun mengingat usia daya pakainya yang awet dan tahan lama, maka hal tersebut sebanding dan layak. Dikarenakan kualitasnya serta lengkap dengan segala keunggulannya, maka harga atap baja ringan tidak tergolong murah dan tidak seringan bobotnya. Harga rangka baja itu dihitung per 6 cm dan harganya tersebut dimulai dengan kisaran kurang lebih mulai dari sekitar 30 ribu Rupiah hingga sekitar 120 ribu Rupiah, yang tergantung pada merknya. Harga tersebut belum termasuk dengan berbagai kelengkapan lainnya, yang diperlukan dalam instalasi atau pemasangannya  yakni seperti ada reng, dan kanal, juga sekrup, serta aluminium foil, juga hingga pada kebutuhan genteng metalnya sebagai pelengkap atap rumahnya.

Berbagai Keuntungan Menggunakan Rangka Baja Ringan

Rangka baja ringan itu bobotnya hanya sekitar 9 kg per meter persegi, jadi akan ringan dan mudah dibawa atau dipindah-pindahkan, jadi akan memudahkan dalam instalasi atau pemasangannya, juga mudah dibentuk dan disambung. Juga akan awet dan kuat, serta tahan berbagai cuaca ekstrem serta juga tidak akan mudah berkarat. Sehingga selain hemat biaya tenaga kerja untuk pemasangannya, juga hemat waktu dalam proses pemasangannya, juga bisa hemat biaya pemeliharaannya. Rangka baja ini juga cukup lentur dengan tegangan tarik yang mencapai hingga 500 an Mpa. Hal ini jauh lebih tinggi daripada tingkat tegangan tarik baja konvensional yang hanya bisa mencapai maksimal 300 mpa saja.

Dari segi harga belinya memang bisa sedikit lebih mahal dari harga beli rangka atap dari bahan lainnya, namun dengan adanya penghematan pada biaya pemasangan dan tenaga kerjanya, juga penghematan waktu pemasangannya, juga penghematan biaya pemeliharaannya serta usia daya pakainya yang panjang, maka harga tersebut sebanding.

Keuntungan Menggunakan Rangka Baja

Atap merupakan mahkota bangunan. Dengan pemilihan rangka atap dari bahan material baja ringan maka akan mendapat beberapa keuntungan. Aneka keuntungan yang bisa diperoleh jika menggunakan rangka baja ringan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Hemat Biaya Pemasangan

Rangka baja ini bobotnya ringan, yakni hanya sekitar 9 kilogram per meter perseginya, jadi akan mudah jika akan dipindah-pindahkan dan dibawa ke mana-mana, juga bentuknya tipis, yakni dengan tingkat ketebalan sekitar antara 0,65 mm hingga 11 mm saja, dan lentur, dengan memiliki daya tegangan tarik yang tinggi  yang mencapai hingga 550 mpa. Bandingkan dengan daya tegangan tarik baja konvensional yang hanya sekitar 300 mpa saja. Dengan segala keunggulannya tersebut maka rangka baja jadi mudah pemasangannya. Oleh karenanya maka akan bisa menghemat biaya tenaga kerja untuk instalasinya.

Hemat Waktu

Lalu juga karena mudah dalam instalasinya maka proses pemasangan rangka baja itu jadi bisa berlangsung dengan lebih cepat. Dengan demikian akan sangat menghemat waktu.

Biaya Peliharaan Rendah dan Usia Daya Pakai yang Panjang

Begitu juga dengan biaya pemeliharaannya yang rendah atau bahkan bisa disebut gratis, karena material bahan rangka baja itu yang tahan berbagai cuaca ekstrem dan tidak akan mudah menjadi berkarat. Jadi akan bisa memiliki usia daya pakai yang sangat panjang. Rangka baja ini awet dan tahan lama.

Tingkat Kualitas Rangka baja

Kualitas baja ringan itu bisa dilihat dari nilai skor tegangan tarikannya. Sesuai persyaratan minimalnya maka tingkat kekuatan daya tegang tarikannya yang diprasyaratkan ialah 550Mpa atau 550 kg per m2. Nilai tegangan tarikan yang mencapai sebesar itu dianggap cukup memadai dan cukup kokoh untuk menopang berbagai jenis bahan material atap gentengnya. Selain nilai tegangan tarikannya maka kualitas serta kekuatan atap baja ringan itu juga bisa dihitung dengan mempergunakan patokan berupa SAE grade. Baja ringan dengan kualitas yang terbaik biasanya akan memiliki nilai skor SAE grade sebesar 980. Kemudian bisa dilihat dari lapisan anti karat pelapisnya juga, atau baham pelapis anti korosi atap baja ringan yang digunakan. Ada yang menggunakan pelapis dari galvanis atau seng, ada juga yang dari bahan galvalum, atau bahan zincalume, yang merupakan kombinasi dari bahan seng, dan aluminium, serta silikon, ada juga yang menggunakan bahan pelapis dari  ZAM, yakni campuran dari material baham seng, dan alumunium, serta magnesium, dan lain sebagainya.

Perbedaan campuran pelapis tersebut akan sangat mempengaruhi daya tahannya, terhadap garam, dan larutan asam, juga larutan basa.

Tiap kombinasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, pilih yang sesuai dengan kondisi cuacanya. Rangka baja dengan pelapis seng lebih murah harganya, tapi tidak tahan garam, meski tahan campuran semen, sebaliknya yang belapis galvalume bisa tahan zat korosif namun kurang tahan terhadap semen.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *